Memahami Distro Linux Lebih Dalam


Secara umum kernel itu fungsinya me-manage resource yang ada di komp dan me-manage semua proses. kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi .Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.

Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi.

Di bawah ini ada beberapa sistem operasi yang menggunakan Monolithic kernel:

Kernel sistem operasi UNIX tradisional, seperti halnya kernel dari sistem operasi UNIX keluarga BSD (NetBSD, BSD/I, FreeBSD, dan lainnya).

Kernel sistem operasi GNU/Linux, Linux.

Kernel sistem operasi Windows (versi 1.x hingga 4.x; kecuali Windows NT).


Linux :

Open source code kernelna / kodenya dibuka,Linux memiliki kernel yang stabil. Dia dapat berjalan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa harus restart. Ini yang membuat Linux menjadi unggul jika dibandingkan dengan MS Windows yang kadang minimal dalam satu hari kita harus me-restart ulang untuk menyegarkannya.

Kernel Linux memiliki interface untuk mengakses sistem, library, dan user interface. Interface untuk sistem berperan penting karena secara umum bertanggung jawab atas proses-proses. Melalui sebuah perintah khusus proses diganti dari mode pengguna ke mode kernel.

Seperti dalam Windows, kernel bekerjasama dengan perangkat I/O dan menangani pengelolaan kapasitas. Bagian yang besar mengurusi manajemen proses, memilih tugas mana yang menjadi prioritas, dan mendapatkan giliran yang mana yang harus dikerjakan. Untuk itu, pada level terbawah terdapat fungsi-fungsi untuk mengendalikan interupsi.

Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

Windows :

Kernelnya bersifat close source / kodenya ditutup,kernel windows...itu adalah bagian dalam dari sistem operasi windows seperti registry, library nya. kita hanya bisa mengedit sedikit saja tidak bisa dalam seperti nix..makanya disebut sebagai sistem cathedral. tidak seperti opensources

Hal ini bertujuan untuk menjadi yang paling komprehensif kernel1, 2 perbandingan terbaru gaya Unix yang paling populer versus kernel terbaru kernel yang paling populer. Saat ini adalah kernel 2.6.28 Linux dan Windows Vista SP1 kernel. Datang di 2009 adalah 2.6.29 versus Windows Vista SP1.

Pada Windows kernel ditangani oleh file kernel32.dll. Kernel ini menangani manajemen memori operasi masukan / keluaran dan interrupt. Ketika boot Windows, kernel32.dll di-load ke dalam spasi protected memory sehingga spasi memorinya tidak digunakan oleh aplikasi lain. Apabila ada aplikasi yang mencoba mengambil spasi memori kernel32.dll, akan muncul pesan kesalahan "invalid page fault".

GNOME

GNOME - Guh-Nome (GNU Network Object Model Environment) adalah graphical user interface (GUI) & aplikasi desktop untuk sebagian pengguna Unix dan Linux. Ada juga yang di tujukan untuk membuat OS Linux lebih mudah di gunakan untuk non-pemrogram yang pada umum nya terkalit dengan Windows dan kumpulan aplikasi yang menyerupai. GNOME adalah salah satu desktop bagi para pengguna Linux yang memiliki kemudahan memilih aplikasi desktop, dari beberapa tampilan desktop yang tersedia. Dengan GNOME desktop dapat di buat agar terlihat seperti Windows98, Mac OS, atau dengan efect 3D desktop. Gnome juga memiliki kemiripan yang bisa di temukan di Windows Office 97, word processor, a spreadsheet program, database manager, presentation developer, Web browser, dan e-mail program.

GNOME berawal dari upaya dan usaha pengembangan para sukarelawan yang bekerja di bawah naungan Free Software Foundation, sebuah organisasi yang di dirikan oleh richard Stallman. Stallman dan anggota Free Software Foundation meyakini bahwa source code harus selalu publik dan terbuka untuk perubahan sehingga terus dapat di tingkatkan dan dikembangkan oleh orang lain.GNOME sebagai upaya atau alternatif agar pasar aplikasi desktop tidak di pegang oleh 1 vendor.Tujuan GNOME adalah menyediakan sejumlah aplikasi yang mudah dan ramah untuk di gunakan.Selain sebagai desktop, GNOME juga datang untuk pengguna dan kumpulan aplikasi handheld PalmPilot.

KDE

KDE adalah (K Desktop Environment) merupakan salah satu windows manager di sistem operasi berbasis UNIX. Pembuatan aplikasi yang berjalan di KDE harus mengikuti standar antarmuka yang ramah dan efisien bagi penggunanya. KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungaN

GNOME VS KDE

KDE dan GNOME merupakan suatu GUI (graphical user interface) atau desktop environtment (lingkungan desktop) yang memudahkan user untuk bisa mengakses aplikasi di linux. Sebenarnya GUI itu tidak hanya KDE dan GNOME saja yang ada, tapi ada juga yang namanya IceWM,XFCE,Blackbox,dan Fluxbox. ringkasnya GUI itu adalah tampilan yang menjembatani penggunaan sistem linux dengan user agar lebih mudah digunakan, jadi usernya tinggal klak-klik aja sana sini.

PERLU diingat bahwa GUI pada linux (yaitu KDE,GNOME dll) berbeda dengan sistem operasi W NDOWS. Kalau di windows, GUInya termasuk sistem utama. AKibatnya ketika GUI pada windows crash, maka sistem utama juga akan ikut crash. Berbeda dg linux, dimana GUInya berjalan di atas sistem X-window. Jadi ketika GUI atau Xwindownya crash, sistem utamanya tidak ikut crash. solusinya cukup restart aja lingkungan X-windownya Dengan kata lain GUI pada linux bukanlah sistem, melainkan aplikasi grafis yang berjalan di atas sistem. Kita anggap saja X-window adalah baju, sedangkan sistem utama adalah orang. KEtika bajunya robek tentu kita tidak perlu menjahit orangnya tetapi bajunya yang kita jahit, atau ganti dg baju yang lain.

Sebenarnya X-window adalah kumpulan bagian yang bekerjasama untuk menampilkan GUI, bagian2 tersebut adalah :

- dasar sistem window, program yang menyediakan layanan untuk sistem X-window

- X network protocol, protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat jaringan

- Xlib, interface tingkat rendah. Bagian utama yang mengimplementasikan X Netwotk protocol antara sistem jaringan dengan program-program tingkat tinggi

- Window manager, menghubungkan ketiga bagian di atas. WIndow manager adalah aplikasi X yang berfungsi untuk mengatur bagaimana window ditampilkan kepada pengguna..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment