Perhitungan Kecepatan Download di Internet

Ada dua tipikal satuan penyebutan untuk data digital, bit dan byte. Kebetulan ke-2 kata tsb mempunyai huruf depan yg sama.Sering terjadi simbol B (huruf besar) dikatakan sebagai byte, dan b (huruf kecil) dengan penyebutan bit.
Padahal ke-2 satuan tersebut berbeda makna, cara pandang, bentuk, dan sifat. Byte adalah satuan "terkecil" dari suatu besaran suatu data digital yg berukuran tertentu. Misalkan sebuah data digital sebesar 2048 byte dapat disebut dengan satuan 2kb.

Sedangkan bit adalah satuan terkecil "pembentuk" data digital dalam bentuk besaran data.
Artinya bit adalah partikel pembentuk data. Data dikirim dalam bentuk partikel-2 bit. Jadi digunakan untuk modus transfer data, sehingga satuan bit lebih tepat sebagai kecepatan transfer data. Kebetulan saja untuk membentuk data 1 byte dibutuhkan transfer data sebanyak 8 bit dalam waktu tertentu.
Dengan demikian jika dhubungkan dengan satuan waktu, maka data dihitung berdasarkan ukuran bit (simbol b kecil). Jika dihitung berdasarkan ukuran file, maka dihitung berdasarkan satuan byte (b kecil juga).


Adalagi yg membingungkan, bahwa bentuk jamak english selalu diakhiri dengan s. Ini bermasalah dengan satuan waktu s.
Maka satuan jamak menggunakan tanda kurung. Namun karena sering terjadi salah persepsi, tanda jamak dihilangkan dalam penggunaan satuan. Tanda jamak hanya digunakan dalam resume satuan spt kilobytes, words, dll.

Kesimpulannya bit disimbolkan dengan b juga byte disimbolkan dengan b.
 
1 kb = 1024 b
1 Megabyte (Mb) = 1024 kb
1 Megabyte (Mb) = 1048576 b

Jika digunakan satuan waktu, maka dihitung berdasarkan satuan bit per second (bps):
512 kbps = 512 x 1024 bps = 524288 bps

Jika digunakan untuk ukuran file, hilangkan simbol ps menjadi
512 b = 512 x 1024 b = 524288 b

+++
satuan mega, itung sendiri!

Jika dihubungkan bit dengan byte, maka kecepatan transfer 512 kbps mampu mentransfer file sebesar 65536 byte atau sebesar 64kb dalam satu detik. Sehingga anda dapat mendengarkan audio dengan format mpg4 secara realtime melalui koneksi internet tanpa putus-putus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment